Desa Wisata Kebon Agung

Posted on June 8, 2012

0


Desa Wisata Kebon Agung terletak di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY. Desa ini menawarkan suasana kehidupan petani beserta potensi seni, budaya, dan adat istiadat masyarakat Jawa kepada wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung dan menginap akan dikenalkan dengan kehidupan masyarakat yang sebagian besar petani. Wisatawan yang ingin mengetahui kehidupan masyarakat atau petani memang harus hidup bersama di rumah warga karena dari tempat itu wisatawan bisa belajar berbagai hal, seperti bercocok tanam, membajak sawah, dan menumbuk padi.

Desa wisata ini memang menjual tradisi pertanian serta adat istiadat sehingga para wisatawan dapat ikut merasakan bagaimana menanam padi, membajak sawah, memasak makanan tradisional, melihat acara pernikahan, dan menikmati bendungan di aliran Sungai Opak. Wisatawan juga bisa belajar membatik, menabuh gamelan atau karawitan, dan pada malam harinya bisa menonton berbagai pertunjukan seni tradisional yang dimainkan warga desa.

Di Objek tersebut kita akan disuguhi suasana kehidupan desa sejak pagi hingga malam hari, dan diharapkan wisatawan bisa merasa puas karena menikmati kehidupan yang belum pernah mereka alami. Hampir setiap warga desa terlibat menyediakan kamar untuk menginap para wisatawan yang jumlahnya 150 rumah, bahkan setiap rumah menyediakan dua hingga tiga kamar tidur untuk disewakan kepada wisatawan dan jika wisatawan ingin bersepeda berkeliling desa, di situ warga juga menyediakan fasilitas persewaan sepeda.

Desa Kebon Agung yang jaraknya 17 kilometer arah selatan Kota Yogyakarta juga memiliki bendungan di pinggir desa yang bernama Bendung Tegal. Bendung Tegal adalah Bendungan yang membendung Kali Opak, berfungsi sebagai sarana irigrasi sawah di sekitarnya. Lokasinya.kalau yang di sebelah barat sungai adalah wilayah Desa Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, kemudian yang di sebelah timur sungai adalah dusun Tegal, Desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul juga. Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati pemandangan sekaligus berwisata air dengan menggunakan perahu naga.

Event yang telah dilaksanakan di objek wisata Bendung Tegal ini adala Lomba Perahu Naga tingkat Nasional yang diadakan Oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. upaya ini ternyata ikut mendorong meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan di Yogyakarta umumnya dan Bantul secara keseluruhan khusus. Diharapkan event-event seperti disebut diatas lebih sering diadakan sehingga dampak positif kegiatan pariwisata dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

 

Sumber: JTTC UGM / Foto: Kevin Rachman & RollGraph

Tagged:
Posted in: Wisata