Gua Cerme Imogiri

Posted on June 26, 2012

0


Obyek wisata alam Gua Cerme terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, sekitar 23 kilometer dari Kota Jogja. Dari terminal Giwangan, Anda lurus ke arah selatan hingga menemukan Jembatan Siluk, dan ambil ke arah kanan. Ketika menuju Gua Cerme ini perjalanan memang sedikit menanjak. Anda pun tidak perlu khawatir tersesat menuju Gua Cerme karena di setiap jalannya sudah terpasang plang besar penunjuk arah menuju Gua yang sangat indah ini.

Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Gua ini juga digunakan sebagai salah satu lokasi pertemuan para Walisongo untuk membahas berbagai rencana mengembangkan Islam, di antaranya adalah rencana mendirikan Masjid Agung Demak.

Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp3.250 per orang. Beberapa langkah dari loket tiket, Anda langsung dapat menikmati sejuknya udara dengan pemandangan jejeran pohon yang menjulang tinggi. Sedangkan pemandangan dari sisi utara, Anda dapat melihat keindahan Kabupaten Bantul dan Kota Jogja dari ketinggian.

Di obyek wisata alam Gua Cerme terdapat beberapa Gua lain yang lebih kecil seperti Gua Dalang, Gua Ledek, Gua Badut dan Gua Kaum yang banyak digunakan orang untuk bersemedi.

Kuswanto, yang bertugas sebagai Sub Koordinator Unit Pelayanan Kerja (UPK) Gua Cerme menerangkan bagi yang memiliki nyali dapat juga dapat menelusurinya hingga di pengujung Gua dengan jarak tempuh mencapai 1,2 kilometer mencapai waktu perjalanan 1,5 jam hingga 2 jam dan harus rela terendam air.

“Wisatawan yang ingin menelusuri Gua Cerme harus didampingi pemandu wisata dari sini,” kata Kuswanto.

Biaya pemandu dengan rombongan di atas 15 orang adalah Rp20.000 per orang. Bila kurang dari 15 orang biaya Rp30.000 per orang. Untuk sewa senter Rp5.000 per orang.

Gua ini terdiri dari banyak ruangan dengan bentuk yang berbeda-beda, bahkan mencapai 17 bagian ruangan. Setiap ruangan memiliki nama sendiri. Untuk kembali pun Anda tidak perlu khawatir menelusuri Gua.

Jalan setapak dengan pemandangan pedesaan dapat Anda lalui sebagai arah menuju kembali ke tempat bibir Gua Cerme di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul.

 

Sumber: Harian Jogja / Foto: Harian Jogja & Jogja Today

Tagged:
Posted in: Sejarah, Wisata