Pasar Hewan Imogiri

Posted on July 8, 2012

0


Pasar hewan Imogiri terletak di desa Karangtalun, Imogiri, Bantul. Jaraknya tidak jauh dari pusat pemerintahan kecamatan Imogiri atau sekitar 10 Km dari kota Bantul. Pasar hewan Imogiri ini merupakan salah satu pasar hewan yang besar dan hidup di Kabupaten Bantul.

Pasar hewan ini hanya beroperasi setiap pasaran legi dan dipimpin oleh seorang lurah pasar dibantu oleh 9 orang staff. Sebagai pasar hewan terbesar di Kabupaten Bantul serta merupakan satu dari 2 pasar hewan yang tersedia, pasar hewan Imogiri memiliki fungsi yang sangat signifikan dalam sistem ekonomi pada umumnya, seperti: untuk menetapkan nilai, untuk mengorganisir produksi, untuk mendistribusikan barang, untuk mempertahankan dan mempersiapkan keperluan di masa yang akan datang, dan untuk mencegah dominasi akan produk tertentu.

Dikenakannya pajak retribusi sebesar Rp. 3000 untuk hewan besar [sapi, kerbau, kuda, dan sejenisnya], dan Rp. 750 untuk hewan kecil [kambing, domba, biri-biri dan sejenisnya], pada tahun 2009 pasar hewan Imogiri mampu melewati target pendapatan retribusi pasar Kabupaten Bantul sebesar 121.81%.

Dengan luas lahan yang hanya sekitar ½ lapangan sepak bola, pasar ini terdiri dari lahan parkir pengunjung, bangunan yang terbuat dari beton dengan fungsi untuk menurunkan hewan dari kendaraan pengangkut hewan, bangunan pengelola pasar, deretan kios penjaja makanan terutama makanan dari olahan daging kambing seperti sate dan gule yang memang menjadi kuliner khas di imogiri, dan ruang utama yang hanya berupa barisan tiang besi seperti pagar yang memanjang untuk menambatkan tali kekang setiap hewan akan dijual.

Sebuah bangunan semacam shelter terdapat di tengah-tengah ruang utama tersebut yang berfungsi untuk berteduh, namun kali ini bangunan tersebut digunakan oleh para kaki lima penjual kebutuhan untuk hewan seperti tali kekang, jamu hewan, hingga peralatan rumah tangga seperti pengaman tambahan untuk regulator gas elpiji.

Sebagai tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk membeli atau menjual barang dan jasa atau faktor-faktor produksi, pasar hewan Imogiri mempertemukan para penjual dan pembeli tidak hanya dari wilayah Imogiri saja, tetapi juga dari wilayah lain seperti Panggang dan Patuk yang merupakan bagian dari kabupaten Gunung Kidul agar roda perekonomian masyarakat dapat terus berputar.

 

Sumber tulisan & foto: Tulus Wichaksono & Addicted2thatrush

Posted in: Warta, Wisata